AKHLAQ TERHADAP LINGKUNGAN

Lingkungan yang merupakan tempat eksestensi  kehidupan manusia , saat ini sedang mengalami krisis. Akan tetapi apakah hal ini pernah menjadi topik yang menarik untuk dikaji dan menjadi wacana dalam berbagai kajian akhlaq?

Kita lihat sekarang ini banyak tingkah laku manusia yang tidak pernah mempedulikan lingkungan sekitarnya, misalnya menebang pohon, mengubah area hutan menjadi area pemukiman. Tindakan tersebut akan mengakibatkan pemanasan global karena hutan yang bisa digunakan untuk mengolah kadar karbondioksida di alam ini sudah mulai tiada.

Saat ini alam sudah sangat kritis. Namun setidaknya saat ini sudah mulai bermunculan aksi-aksi untuk melakukan penghijauan kembali, karena saat ini pemanasan global pengaruhnya sudah mulai terasa. Manusia diciptakan oleh Allah tujuannya adalah untuk menjadi khalifah di muka bumi, yang tentunya juga harus dapat melestarikan bumi ini. Kita sebagai umat Islam harus sadar untuk memelihara kelestarian lingkungan hidup. Menjaga dan memanfaatkan alam terutama hewani dan nabati. Flora dan fauna sengaja diciptakan oleh Allah untuk kepentingan manusia, dan juga kita harus sayang kepada sesama makhluk hidup.

Akhlaq Terhadap Flora (tumbuh-tumbuhan)

Lingkungan hidup merupakan dukungan terhadap kehidupan dan kesejahteraan. Bukan saja terhadap manusia akan tetapi akan tetapi juga bagi makhluk yang lain seperti tumbuh-tumbuhan. Oleh karena itu lingkungan harus tetap terjaga keserasian dan kelangsungan hidupnya sehingga secara berkesinambungan tetap dalam fungsinya sebagai pendukung kehidupan.dan

“Ia memancarkan daripada mata air dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan dan gunung-gunung di pancangkannya dengan teguh (semua) itu untuk kesenangan dan untuk binatang-binatang ternakku”. (QS An Nazi’at 31-32)

Akhlaq terhadap lingkungan dapat diwujudkan dalam bentuk perbuatan insani yaitu dengan menjaga keserasian dan kelestarian serta tidak merusak lingkungan hidup. Usaha-usaha yang dilakukan juga harus memperhatikan masalah-masalah kelestarian lingkungan. Apa yang kita saksikan saat ini adalah bukti ketiadaan akhlaq terhadap lingkungan. Sehingga akibatnya menimpa manusia sendiri, banjir, tanah longsor, kebakaran, dan isu yang sering dibicarakan yaitu “Global Warming” sedang mengancam manusia. Allah berfirman :

“Telah tampak kerusakan di darat dan dilaut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka agar mereka kembali (ke jalan yang benar). (QS Ar Rum : 41).

“Dan berbuat baiklah sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.( QS Al Qashas : 77).

“Dan apabila ia berpaling, ia berpijak di bumi, untuk mengadakan kerusakan padanya dan merusak tanaman-tanamannya dan binatang ternak, dan Allah tidak menyukai kebinasaan”. (QS. Al Baqarah : 205).

Ditulis oleh : Arief Dwi Adhi Nugroho

Produksi Media Informasi Publik