Perencanaan Penyuluhan Tentang  Pembangunan

Pabrik Semen Gresik di Kabupaten Pati

  1. I. Latar Belakang

Di era globalisasi ini banyak perencanaan pemerintah yang di titik beratkan pada pembangunan. Diantaranya adalah pembangunan gedung-gedung, pabrik, dan bangunan– bangunan lainnya. Untuk menunjang itu semua maka dibutuhkan bahan baku dalam pembangunan tersebut, misalnya seperti semen. Saat ini pemerintah merencanakan pembangunan pabrik semen Gresik di Kabupaten Pati. Setelah melalui tahap-tahap penelitian di daerah Sukolilo Kabupaten Pati  berpotensi unuk didirikannya Pabrik semen karena pegunungan di sana mengandung batu kapur. Sehingga pemerintah membuat AMDAL tentang pembuatan pabrik semen yang berisi pengolahan dan antisipasi lingkungan hidup beserta ekologi di daerah Sukolilo tersebut.

Sesuai tujuan pemerintah yaitu memajukan kesejahteraan umum yang di programkan dengan membuka lapangan pekerjaan baru, maka dengan dibangunnya pabrik semen gresik ini akan menyerap ribuan tenaga kerja. Menurut data perencanaan pembangunan semen Gresik, dari mulai dibangunnya pabrik sampai dengan berdirinya pabrik akan menyerap kurang lebih 1200 tenaga kerja. Dan setelah nanti Pabriknya berdiri dan mulai beroprasi membutuhkan tenaga kerja sekitar 900 orang tenaga kerja, yang nanti tenaga kerjanya diprioritaskan untuk penduduk asli daerah Sukolilo.

Dengan dibangunnya pabrik di daerah tersebut maka secara otomatis akan terjadi pembangunan secara makro, seperti sarana transportasi jalan yang akan diperluas yag nantinya akan lebih memudahkan dalam distribusi semen. Maka dengan diperluasnya jalan secara gak langsung akan mempermudah masyarakat untuk menjangkau daerah lain. Jadi masyarakat daerah Sukolilo akan menjadi lebih terbuka dan distribusi distribusi kebutuhan hidup pun dapat tersalurkan dengan lancar

  1. II. Permasalahan

Desa Sukolilo Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati yang letaknya berada di daerah pedalaman dan jauh dari perkotaan maka penduduknya memilki sifat tidak mau menerima pengaruh dari luar terutama yang memiliki pendidikan yang rendah. Ditambah lagi penduduk asli dari daerah tersebut yang menamakan dirinya masyarakat Samin yang sangat kuat dengan fanatisme dan pendirian mereka. Mereka berpikiran dengan dibangunnya pabrik semen tersebut maka ekosistem lingkungan dari daerah tersebut akan rusak, terutama mata air pegunungan.

Pemerintah melalui badan survey Linkungan Hidup telah melakukan penelitian dan rencana titik titik mana yang akan dibangun pabrik dan yang akan diolah alamnya. Dengan adanya penelitian tersebut maka terciptalah AMDAL yang isinya tentang perencanaan lokasi dimana pabrik itu didirikan serta cara-cara mengantisipasi dampak dari pembangunan pabrik tersebut. Dan Amdal tersebut telah disosialisasikan kepada masyarakat  Sukolilo melaui Forum. Karena rendahnya SDM dan kuatnya pendirian masyaraka terutama penduduk asli yang menamakan dirinya masyarakat Samin maka mereka dengan tegas menolak didirikannya Pabrik Semen Gresik Sukolilo.

Bagi sebagian masyarakat yang memiliki tingkat pendidikan yang lumayan, seperti yang pernah duduk di bangku kuliah atau perguruan tinggi mereka mendukung didirikannya peabrik semen dengan alas an untuk meningkatka kesejahteraan, bertambahnya lapangan pekerjaan, dan  demi kemajuan daerahnya.

  1. III. Tujuan penyuluhan

Dengan permasalahan diatas maka kami sebagai wakil dari pemerintah akan burapaya menyadarkan mereka akan pentingnya pembangunan melalui penyuluhan yang akan kami laksanakan bersama instansi terkait.

Tujuan dari penyuluhan ini adalah :

  1. Menyadarkan masyarakat tentang pentingya peningkatan kesejahteraan
  2. Menyadarkan masyarakat agar tidak takut dengan dampak dari pembangunan pabrik semen tersebut karena sudah ada solusi solusi dari dampak tersebut yang telah dituangkan dalam Amdal.
  3. Menyadarkan masyarakat akan pentingnya pembangunan yang nantinya akan dinikmati sendiri oleh mereka.
  1. IV. Teknik dan metode komunikasi penyuluhan

Teknik dan metode penyuluhan harus disesuaikan dengan komunikan yaitu masyarakat sukolilo. Karena karakteristik masyarakat sukolilo yang termasuk dalam masyarakat pedesaan yang ciri-cirinya diantaranya tingkat pengetahuan yang rendah maka kami akan melakukan beberapa metode berikut ini :

  1. Tatap muka langsung yaitu dengan memberi penyuluhan langsung kepada masyarakat dengan mengumpulkan mereka di tempat yang biasa mereka gunakan untuk berkumpul seperti balai desa atau rumah kepala desa.
  2. Dengan menggunakan media penunjang seperti gambar gambar poster yang berisi tentang contoh gambar wilayah perkotaan yang identik dengan gedung bertingkat.
  3. Bagi warga masyarakat yang tingkat pendidikanya tinggi seperti warga yang sekolah, pelajar, atau yang pernah kuliah akan kami gunakan media LCD atau OHP yang akan kami bawa dari Pemda.
  1. V. Khalayak Sasaran

Sasaran Komunikan / audien dalam penyuluhan tentang pembangunan pabrik semen tersebut adalah seluruh earga masyarakat Desa Sukolilo  kecamatan Sukolilo kabupaten Pati yang terbagi dalam 2 kriteria yaitu :

  1. Masyarakat yang tingkat pendidikannya rendah/Samin yaitu penduduk yang fanatik dengan pendirian mereka yang tidak mau menerima pengaruh dari luar.
  2. Masyarakat yang memiliki pendidikan di bangku sekolah / perguruan tinggi.

Ditulis oleh :

Arief Dwi adhi Nugroho

Produksi Media Informasi Publik